Ramuan Tradisional Mengatasi Penyakit Radang Paru-Paru

Ramuan Tradisional Mengatasi  Penyakit Radang Paru-Paru
Ramuan Tradisional Mengatasi Penyakit  Radang Paru-Paru, Inilah Penyebab Radang Paru-Paru Dan Cara Mengobatinya Secara Alami Pada artikel berikut ini kami akan berbagi informasi tentang penyebab radang paru-paru dan cara mengobatnya, namun sebelum melangkah lebih jauh silahkansimak ulasannya secara lengkap berikut di bawah ini; Devinisi, Pneumonia adalah peradangan paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun jamur.
Penyebab;
Penyebab pneumonia adalah:
a. Bakteri (paling sering menyebabkan pneumonia pada dewasa):
    Streptococcus pneumoniae
    Staphylococcus aureus
    Legionella
    Hemophilus influenzae
Virus: virus influenza, chicken-pox (cacar air)
Organisme mirip bakteri: Mycoplasma pneumoniae (terutama pada anak-anak dan dewasa muda)

b. Jamur tertentu.
Adapun cara mikroorganisme itu sampai ke paru-paru bisa melalui:
- Inhalasi (penghirupan) mikroorganisme dari udara yang tercemar
- Aliran darah, dari infeksi di organ tubuh yang lain
- Migrasi (perpindahan) organisme langsung dari infeksi di dekat paru-paru.

Beberapa orang yang rentan (mudah terkena) pneumonia adalah:
1. Peminum alkohol
    Perokok
    Penderita diabetes
    Penderita gagal jantung
    Penderita penyakit paru obstruktif menahun
    Gangguan sistem kekebalan karena obat tertentu (penderita kanker, penerima organ cangkokan)
2. Gangguan sistem kekebalan karena penyakit (penderita AIDS).
Pneumonia juga bisa terjadi setelah pembedahan (terutama pembedahan perut) atau cedera (terutama cedera dada), sebagai akibat dari dangkalnya pernafasan, gangguan terhadap kemampuan batuk dan lendir yang tertahan. Yang sering menjadi penyebabnya adalah Staphylococcus aureus, pneumokokus, Hemophilus influenzae atau kombinasi ketiganya. Pneumonia pada orang dewasa paling sering disebabkan oleh bakteri, yang tersering yaitu bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumococcus). Pneumonia pada anak-anak paling sering disebabkan oleh virus pernafasan, dan puncaknya terjadi pada umur 2-3 tahun. Pada usia sekolah, pneumonia paling sering disebabkan oleh bakteri Mycoplasma pneumoniae. Pneumonia dikelompokkan berdasarkan sejumlah sistem yang berlainan. Salah satu diantaranya adalah berdasarkan cara diperolehnya, dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu "community-acquired" (diperoleh diluar institusi kesehatan) dan "hospital-acquired" (diperoleh di rumah sakit atau sarana kesehatan lainnya).

Pneumonia yang didapat diluar institusi kesehatan paling sering disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae. Pneumonia yang didapat di rumah sakit cenderung bersifat lebih serius karena pada saat menjalani perawatan di rumah sakit, sistem pertahanan tubuh penderita untuk melawan infeksi seringkali terganggu. Selain itu, kemungkinannya terjadinya infeksi oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotik adalah lebih besar.
Gejala-gejala yang biasa ditemukan adalah:
1.Batuk berdahak (dahaknya seperti lendir, kehijauan atau seperti nanah)
2.Nyeri dada (bisa tajam atau tumpul dan bertambah hebat jika penderita menarik nafas dalam atau terbatuk)
menggigil, demam,  mudah merasa lelah, sesak nafas,  sakit kepala, nafsu makan berkurang,  mual dan muntah, merasa tidak enak badan,  kekakuan sendi, kekakuan otot.
Gejala lainnya yang mungkin ditemukan:
kulit lembab, batuk darah, pernafasan yang cepat, cemas, stres, tegang, nyeri perut.

Diagnosa
Pada pemeriksaan dada dengan menggunakan stetoskop, akan terdengar suara ronki.
Pemeriksaan penunjang:
 Rontgen dada
 Pembiakan dahak
 Hitung jenis darah
 Gas darah arteri.

Untuk Pencegahan
Untuk orang-orang yang rentan terhadap pneumonia, latihan bernafas dalam dan terapi untuk membuang dahak, bisa membantu mencegah terjadinya pneumonia.
Obat Alami:
1.Kunyit : Kunyit adalah rempah yang jelas berguna bagi macam-macam masalah kesehatan dan salah satunya bisa digunakan sebagai obat paru-paru basah. Sifat antibakteri dan antiviralnya adalah yang menjadi unggulan dari kunyit sehingga mampu membasmi infeksi sekaligus melancarkan sistem pernapasan.

Caranya membuatnya: Campurkanlah bubuk kunyit ke dalam minyak mustard untuk membuat adonan pasta dan setelah pasta jadi, oleskan langsung ke bagian dada Anda. Atau, bisa juga sesendok teh bubuk kunyit dicampur rata ke dalam segelas susu hangat yang kemudian dapat dikonsumsi sehari 2–3 kali. Alternatif lainnya, 1 ¼ sendok teh bubuk lada hitam dan 1 ½ bubuk kunyit bisa ditambah ke segelas air hangat untuk diminum sehari sekali.

2.Bunga Sepatu : Tak banyak yang tahu bahwa bunga sepatu bisa juga dijadikan obat herbal bagi yang menderita paru-paru basah atau pneumonia. Cara penggunaannya pun mudah sehingga setiap penderita yang ingin mengobati pneumonia secara tradisional atau alami bisa memanfaatkan bunga sepatu ini.

Cara Meramunya; Sediakan saja bunga sepatu sebanyak 2 kuntum sekaligus juga garam seperlunya berikut air matang sebanyak 2 gelas. Bunga sepatu yang sudah disiapkan dapat dicuci sampai bersih yang kemudian bisa Anda tumbuk hingga benar-benar halus. Tumbukan yang sudah jadi dapat dicampurkan ke dalam segelas air yang telah dalam kondisi mendidih. Tambahkan garam sedikit yang kemudian bisa Anda lanjutkan dengan menyaringnya. Ramuan siap diminum setiap hari 3 kali.

3.Daun Pegagan ; Daun pegagan banyak digunakan untuk mengobati banyak masalah kesehatan, tak terkecuali penyakit paru-paru basah. Bila Anda ingin menggunakan obat tradisional, maka jangan lewatkan bahan ini karena memang sudah terpercaya sejak lama serta penggunaannya pun sangat gampang.

Cara meramunya : Daun pegagan yang perlu Anda siapkan adalah sebanyak 29 gram, berikut juga dengan jahe 15 gram. Sediakan pula air 500 ml di mana semua bahan direbus lebih dulu dan didihkan hingga airnya sisa setengah. Angkat lalu minumlah dalam kondisi masih hangat sebanyak sehari 2 kali secara rutin. Setelah 2 minggu Anda meminumnya, pasti akan membaik.

4.Kacang Tanah ; Paru-paru basah juga bisa diobati dengan bahan alami lainnya, yakni kacang tanah. Tak banyak yang mungkin mengetahui akan hal ini, tapi setelah Anda tahu, tak ada salahnya untuk mencoba supaya paru-paru basah dapat sembuh dengan baik tanpa efek samping.

Cara meramunya: Yang perlu disiapkan adalah kulit kacang tanah sebanyak 27 gram beserta juga gula merah sesuai kebutuhan. Gula merah tersebut dapat Anda tambahkan pada kulit kacang tanah yang sudah direbus. Ramuan yang sudah mendidih bisa diangkat dan diminum untuk mengobati paru-paru basah. Untuk kesembuhan maksimal, silakan meminumnya sehari 2 kali dan setiap hari.

Ramuan Tradisional Mengatasi Penyakit  Radang Paru-Paru. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk anda yang saat ini sedang mencari obat alami Paru-Paru,, selalu jaga pola hidup sehat karena lebih baik mencegah daripada mengobati artikel diatas kami kutip dari beberapa sumber media herbal online terpercaya sekian dan terimakasih sampai bertemu lagi.